Manfaat Mengkonsumsi Telur Puyuh

Sobat sudah tahu-kan, kalo telur itu merupakan makanan bergizi dan mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Yang akan dipaparkan disini adalah "Manfaat Mengkonsumsi Telur Puyuh", sudah tahu juga kan pastinya dengan telur yang mungil ini. Kita beruntung tinggal di Indonesia, bisa mendapatkan telur puyuh dengan mudah dan harganya-pun relatif murah berbeda jika di kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara, telur puyuh dianggap sebagai makanan mewah.

Manfaat Konsumsi Telur Puyuh
Picture by puyuhkita.blogspot.com
Mengkonsumsi telur puyuh setiap hari itu tidak akan menimbulkan bahaya kecuali jika porsinya berlebihan. Saran yang baik untuk mengkonsumsinya adalah 3-5 butir yang berguna untuk meningkatkan kekebalan dan memperbaiki proses metabolisme tubuh. Telur puyuh memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, seperti protein, choline, omega-3, lutein, vitamin dan mineral.

Berikut ini lengkap-nya untuk manfaat dari mengkonsumsi telur puyuh :

Sebagai Nutrisi Otak
100 gram telur puyuh mengandung 263,4 mg kolin, kolin berperan penting pada tubuh terutama pada perkembangan fungsi otak. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat bagi anak-anak, menghindari kepikunan bagi lansia, mengurangi resiko kematian pada janin bagi ibu hamil, serta mendukung perkembangan otak bayi secara optimal bagi ibu menyusui.

Untuk Melindungi Mata
Kandungan senyawa lutein dan zeaksantin merupakan pigmen berwarna kuning, sehingga dapat membantu melindungi mata dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru yang berasal dari pancaran sinar matahari, layar televisi, ataupun computer.

Sebagai Zat Anti Kanker
Kandungan senyawa lutein dan zeaksantin berfungsi untuk mereduksi resiko penyakit kanker dan tumor.

Perawatan Rambut dan Kulit untuk Anak
Telur puyuh mengandung 0,9 mg riboflavin dan vitamin B2 yang berguna untuk menutrisi kulit. Selain itu juga mengandung antioksidan yang dapat membuang racun pada kulit dan sel-sel kulit. Juga membuat kulit jadi halus dan terawat. Sedangkan kandungan vitamin A, B dan E di dalamnya baik untuk menutrisi rambut si kecil agar lebih berkilau dan tebal.

Artikel ini dimuat dari berbagai sumber, Mudah-mudahan bermanfaat ^_^

82 Responses to " Manfaat Mengkonsumsi Telur Puyuh "

  1. manfaatnya banyak ya? hehehe
    aku suka makan telur puyuh walaupun kecil tapi rasanya enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mungil tapi punya banyak manfaat :)

      Delete
    2. Telur puyuh enak plus bermanfaat ya Mas?

      Delete
    3. hiyah bener banget kang, apalagi nutrisi otak, nih terbukti saya pinter gara-gara makan telor puyuh :p

      Delete
    4. Percaya deh sama orang Pintar :P

      Delete
  2. banyak juga manfaatnya yamas
    kebetulan aq juga suka banget

    ReplyDelete
  3. banyak juga yah mas manfaatnya, saya juga suka nih makan telur puyuh, di kampung saya juga banyak para peternak putuh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas :)
      mudah didapat di kita si ya murah juga

      Delete
  4. Wah.. Aku suka makan telur puyuh nih.. Kecil2 tapi manfaatnya besar

    ReplyDelete
  5. Selain banyak khasiatnya, di buat campuran sop juga sedappp ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kesukaan saya mba campur ke sop :)

      Delete
    2. Pasti krrupuk udang nya juga gak ketinggalan kan :)

      Delete
    3. Pastinya mbak, lengkap sudah nikmat menyantapnya ^_^

      Delete
    4. Tinggal cari, buat cuci mulutnya nih :)

      Delete
    5. Apa ya cuci mulutnya yang kira kira pas?

      Delete
  6. saya mau menyimak lagi manfaatnya telur puyuh mas

    ReplyDelete
  7. Kalau baca isi artikel Manfaat Mengkomsumsi Telur Puyuh ini, sy teringat dengan cerita salah satu teman yg kalau tengah malam ninggalin istrinya demi menangkap burung puyuh..Mas..!, katanya seru.. bisa menyaingi mancing mania..hehehe

    Semoga Sang Calon Ayah dapat jagoan seperti sy inih Mas..!,. hehehe (laki2.. sehat walafiat dan senantiasa dijaga keimanan dalam hatinya kelak.Amin).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seru mas nangkep burung puyuh. dulu kalo dikampung sering gitu, namanya ngobor puyuh.

      Aamiin ya Allah.
      Terima Kasih Mas Aldino atas Do'a nya ^_^

      Delete
  8. Telur burung puyuh adalah komoditas peternakan yang populer dimasyarakat. Selain harganya murah, telur puyuh juga mudah didapat dimana saja dibanyak tempat di Indonesia. Seperti halnya telur telur-an, telur puyuh juga tak boleh dianggap remeh kandungan nutrisinya. Bahkan, kandungan gizi telur puyuh lebih tinggi daripada gizi pada telur ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget pak, telur mungil kaya Manfaat. Makanya saya suka ^_^

      Delete
  9. banyak juga ya sob manfaanya,
    makasih udah berbagi sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kaya manfaat...
      saya senang bisa berbagi ^_^

      Delete
  10. paNtesan otak saya encer banget ya kang, ternyata karena pengaruh sering makan telor puyuh yang banyak di jual di jalan dan di bis kota.
    mau nyetok telor puyuh ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang Lembu doyan juga ya ^_^
      tak diragukan lagi berarti kecerdasannya, karena doyan si telur mungil ini.
      Yang banyak ya Mang nyetoknya. hihi

      Delete
  11. wah ternyata telur kesukaan saya ini banyak sekali manfaatnya yah hahai deuhh baru tahu saya di kira si kecil telur puyuh itu gak ada manfaatnya tapi ehh ternyata ehh ternyata banyak jyga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indahnya berbagi Mas Ainnul ^_^
      jadi makin tahu,

      Delete
    2. Hehehe iyaa bener kang makasii yah :)

      Delete
  12. telur itu makanan wajib mas, kalo saya suka bikin sop khusus sama telur puyuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lezat itu mba dibikin campuran sop. :)

      Delete
  13. Wah banyak juga ya manfaatnya. Untung saya suka sama telur yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak salah berarti doyan telur mungil ini :)

      Delete
  14. Telur Puyuh walaupun bukan termasuk makanan wajib, namun kandungan
    Nabati yang terkandung didalamunya sangat bermanfaat buat tubuh kita ya Mas
    Menarik artikelnya. sambil Blogwalking kemari. juga sambil bersilaturrahmi
    *SALAM CERIA SELALU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali Mas Saud,
      Terima Kasih ya :)

      Delete
  15. Neng suka sama semua telur hehe,....

    ReplyDelete
  16. Ternyata manfaat telur puyuh ini banyak sekali ya,,,

    ReplyDelete
  17. telur puyuh memang sangat baik bagi kesehatan ya mas, baunya tidak terlalu amis, rasanya enak dan tidak bikin eneg, dan kandungan gizinya yang tinggi menjadikan telur puyuh wajib untuk dikonsumsi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang, apalagi di Negara kita tercinta ini sangat mudah untuk mendapatkannya.. :)

      Delete
  18. hahhaahahay :D
    emang enak gan itu :D

    ReplyDelete
  19. wah manfaatnya banyak banget, tapi kayaknya nyarinya susah dah dak segampang telor ayam negri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kaya akan manfaat.
      Di Daerah saya cukup mudah didapat mas, banyak dijual dipasar pasar.

      Delete
  20. ini salah satu makanan favorit aku nih,,ternyata banyak juga ya manfaatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, si telur ini memang kaya manfaat. :)

      Delete
  21. wah baru tahu saya sob, wah iseng ah beli di lampu merah hehe

    ReplyDelete
  22. sangat menarik articlenya ..
    untung kita di asia boleh dpatkan telur brung puyuh ini dgn mudah..
    harga pun murah :P

    ReplyDelete
  23. Banyak manfaatnya...untung anak-anak suka juga sm telur puyuh :)

    ReplyDelete
  24. telur puyuh termasuk salah satu kegemaran saya tu mas :D

    ReplyDelete
  25. haha jangan banyak-banyak nanti bisulan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kalo berlebihan mah.
      makanan yang lainnya pun sama, jika berlebihan itu tidak baik.

      Delete
  26. manfaat telur puyuh untuk anti kanker bisa juga ya sob... boleh juga ne telur puyuh, sudah lama sih tidak mengkonsusmi telur puyuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Kandungan senyawa lutein dan zeaksantin pada telur puyuh yang mereduksi resiko penyakit kanker.

      Delete
    2. tapi di daerah saya agak susah mas cari telur puyuh nih... jadi tunggu berjejalah ke pasar dan sudut-sudut pasar lah baru bisa dapat....

      Delete
    3. Wah berarti masih ada peluang tuh buat jadi pengusaha ternak telur puyuh mas...

      Delete
  27. masih ada nggak puyuh nya mas?kirimin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih sudah pindah rumah, dulu waktu masih dikampung halaman sering tuh ngobor puyuh. kalo sekarang mah langsung beli telur-nya dipasar ^_^

      Delete
  28. Bener banget Gan, buat nutrisi otak sangat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak juga dikonsumsinya, bisa direbus atau dicampur ke makanan lain :)

      Delete
  29. Banyak juga iya mas manfaatnya, tapi sekarang saya jarang mengkonsumsi telor puyuh ini karena tidak nemu di warung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kecil mungil tinggi manfaat. coba mba belanja-nya ke pasar pasti ada ^_^

      Delete
  30. info yang bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
  31. ternyata manfaatnya sangat banyak skali ya :D

    ReplyDelete
  32. Luar biasa. begitu banyak manfaat telur puyuh. Tapi saya lebih suka jika telur puyuh di masak bersama sayur sop mas.. hehehehe

    ReplyDelete
  33. Saya singgah bw di sini..
    perkongsian yang menarik..
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih telah mampir disini :)
      Salam kenal juga

      Delete
  34. mantep mang :) teman teman kunjungin blog ane juga dong hehe :D
    www.heriisugandii.com

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!