Bahaya-nya Mencabuti Bulu Hidung

Semangat Siang Sahabat ^_^

Berbicara tentang bulu hidung mungkin semuanya sudah pada tahu, apa itu fungsinya. Jika masih ada yang belum Ngeh tentang fungsi keberadaan bulu hidung itu, ini fungsinya; "Sebagai filter (penyaring) partikel-partikel kecil yang terisap hidung, misalnya debu". Cukup besar sekali bukan fungsinya, contoh kecilnya; ketika menghirup udara yang berpartikel (berdebu) secara spontan tubuh memberikan respon dengan cara bersin, bisa dibayangkan jika tidak ada bulu hidung, mungkin kotoran itu akan langsung mengendap/mengotori paru paru.

Gambar ilustrasi (dari kaskus)
Disini saya akan berbagi pengalaman tentang "Bahaya-nya Mencabuti Bulu Hidung". Mungkin dari sebagian blogger pernah kali ya mencabut bulu hidungnya, tidak usah malu saya sendiri pun pernah karena merasa risih dengan bulu hidung yang terlalu panjang dan muncul keluar. Browsing mencari informasi tentang hal ini, didapat dari berbagai sumber bahwa dibalik kegiatan itu (tujuan untuk merapikan tampilan) ternyata berbahaya bagi kesehatan, yakni bisa menimbulkan radang dan bisul dalam rongga hidung serta dapat memicu terjadinya radang otak karena dari kuman dan bakteri pada luka bulu hidung yang dicabut. Sebelumnya saya tak percaya 100% dengan semua informasi yang saya dapat itu tentang bahaya-nya mencabuti bulu hidung.

Namun dari jarak waktu beberapa minggu kemudian, saya menjadi benar benar percaya lebih dari 100% dengan bahaya-nya ini, jadi setiap kali bulu hidung mulai panjang dan keluar saya tidak lagi mencabuti melainkan saya potong menggunakan gunting hingga rapi. Kenapa saya bisa berubah dari yang tadinya tidak percaya menjadi percaya?

Karena hal ini terjadi pada rekan kerja di kantor dan membuat saya ngeri ketakutan.

Begini ceritanya;
"Lagi asyik-nya ngobrol dengan rekan kerja di jam istirahat, saya tertegun dengan melihat sebuah benda keluar nongol di lubang hidung rekan saya ini (dalam pikiran saya, itu upil ta apa ya? gede banget) lama ngobrol dengannya dan selalu terlihat itu benda, membuat saya merasa jijik. Akhirnya saya tanyakan ke rekan saya, "Pak, itu upil-nya keluar, lubang hidung sebelah kiri!" #sambil nunjuk. "Oh ini bukan upil, tapi bisul" sahut rekan saya.

Apa, Bisul? Kok kayak upil! Kenapa itu penyebabnya? tanya saya. jawaban rekan saya "Ini gara garanya keseringan cabutin bulu hidung jadi timbul radang, bisul seperti ini. terlihat seperti kutil gitu, dan pernah dicoba di potong pake gunting kuku (eh sakitnya gak ketulungan, hingga banjir darah) dan lama kelamaan tumbuh lagi makin panjang".

Saya menyarankan ke rekan saya agar berobat, dan kata Dia, sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis THT, dikasi obat anti biotik dan katanya harus segera dilakukan operasi untuk pengangkatan agar tidak tumbuh lagi. Waduh seram Amat ya, #Mata saya melotot.

Keesokan harinya rekan saya, izin kerja untuk melakukan operasi di salah satu Rumah Sakit yang dirujuk oleh dokter THT. Seminggu baru masuk lagi, eh terlihat wajahnya tersenyum berseri (pertanda senang telah sembuh).

Itulah segelintir pengalaman yang dialami langsung oleh rekan kerja saya.
Mohon maaf kiranya Cerita yang dipaparkan di atas rada kikuk dibacanya.

Semoga Kita bisa mencegah penyakit datang dan selalu mengkondisikan untuk Sehat. ^_^

62 Responses to " Bahaya-nya Mencabuti Bulu Hidung "

  1. ngeri ya bacanya .
    terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasa mencabut bulu hidung nih, wah jadi hati-hati dong
      ..

      Salam dari Pulau DOllar

      Delete
  2. Iya mba, ngeri sangat bahaya-nya itu

    ReplyDelete
  3. Banyak kaum pria ya mas, yg sering ngelakuinnya..

    Lagian juga parah sih nyabutnya pake catut gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebagian kaum pria yang suka nyabutin...
      itu diatas hanya ilustrasi mba. :)

      Delete
    2. Hehe... kalo beneran ada, bisa copot ama hidung2 nya ya mas :)

      Delete
    3. Ntar kyak sule, hidungnya jadi pesek :)

      Delete
  4. dapat memicu terjadinya radang otak?
    nah tuh, saya diingatkan sekarang. hehe, makasih sekali. sungguh saya nggak tau sebelumnya.
    OK ni nanti saya forward ceritanya ke anak2 dan isteri saya, biar jadi wawasan mereka.

    ReplyDelete
  5. awww ngerii gan ceritanay moga temen agan yang bisul di idungnya cpet sembuh aja :D jadi akut nyabut bulu idung nihh jujur gan tadi pagi saya juga nyabut bulu idung karena sensasinya seru + bikin kaget walaupun di cabut sendiri :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah sembuh Mas.
      Iya memang sensasinya tuh seru :)

      Delete
  6. Makasih infonya, sangat bermanfaat. Jadi tahu nih!

    ReplyDelete
  7. jadi takut nih gan nyabuti bulu hidung lagi, tapi terima kasih ya infonya.

    ReplyDelete
  8. mungkin penyebabnya karena mencabutnya pakai tang itu mas.kwkwkw

    enggak2 becanda koq mas,untung saya nggak terbiasa cabut bulu dihidung nih,menakutkan juga ya akibatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga merasa takut, trnyata bisa timbul gtu. Apalagi teman sndiri pernah mengalami...

      Delete
    2. bis jadi pelajaran untuk kita semua yamas

      Delete
  9. kalau saya mah g pernah nyabutin bulu hidung mas, paling kalau terlihat panjang keluar man saya potong pk gunting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas cara yg benar, dirapikan dengan cara dipotong

      Delete
    2. dan kebiasaan saya kalau udah over, bulunya di cabut mas, gak biasa di potong... hahaha

      Delete
  10. Lagian siapa juga yang iseng nyabutin bulu idung, emangnya ngga da bulu lainnya yang bisa dicabut emangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ada aja Mang, saya juga suka iseng. Tapi stelah kjadian menimpa teman dan melihat sendiri, jadi Wedi malahan

      Delete
  11. wkwkwkw, makasih infonya gan, cukup bermanfaat dan mengerikan, hehehe

    ReplyDelete
  12. Saya jarang cabut bulu hidung, cuma kalo panjang dikit keluar hidung akan saya potong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe deh mas untuk dicabut. Betul lebih baik dipotong... :)

      Delete
  13. wah bahaya juga, padahal klo sudah nongol suka cabut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti dihentikan mas kebiasaan cabut mencabutnya...
      Ngeri akan bahaya setelahnya

      Delete
  14. mungkin penyebabnya karena kurang menjaga kebersihan, seandainya lubang hidungan bersih dari upil dan tangannya tidak kotor, kuman tidak akan menempel.. tapi ngeri juga ya, lebih baik di gunting aja bulu hidungnya.. jangan hidungnya loh ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hidungnya yang digunting, itu malah sangat berbahaya malah ... ^_^

      Delete
  15. Heeem ceritanya jadi menguatkan bahaya dari mencabut bulu idung. Ngaeri euuuy, apalagi kalau nyabutnya persis sama dengan ilustrasi foto di postingan ini... hadueeeeh :)

    Btw Thanks tuk infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nyabutnya pake itu, langsung rontok semua yang ada bulu idungnya ^_^

      Delete
  16. terus kalau bulu idungnya ada yg over, apa yg harus dilakukan mas, kalau tidak dicabut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Over gmana mas maksudnya?
      kalo kepanjangan sampe keluar mending di potong mas jangan dicabut. ^_^

      Delete
  17. Untungnya aku belom pernah mencabut bulu pada idung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe deh mba, ngeri bahayanya...

      Delete
  18. Saya juga pernah punya pengalaman yang sama, sakitnya gak karuan lho...
    Sekarang gak pernah nyabuitin bulu hidung lagi, jadi kapok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik cari yang amannya aja ya Pak, apalagi menyangkut kesehatan...

      Delete
  19. Waah untung gue blum pernah tuuh ncabut bulu hidung...

    ReplyDelete
  20. Waduh... bahaya juga ya gan, radang otak taruhannya, untung saya baca artikel ini, jadi kapok deh..
    terimakasih sharenya , salam sukses

    ReplyDelete
  21. Wah kaga berani ah cabut bulu hidung takut >_<

    ReplyDelete
  22. haa ini cerita apaan ne.. cerita bisul atau upil... kalaulah cabut bulu hidung pake alat yang di gambarkan pada image itu sudah pasti lah sangat bahaya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisul bahaya yang muncul akibat radang dari mencabut bulu hidung, bisulnya itu terlihat seperti upil. gambar hanya ilustrasi Mas...

      Delete
  23. hahaha, sy pernah cabut bulu idung,,, abisnya panjang sih .... eh ,,, tapi sdkit sakit juga ...hehehe.... tpi skrg sih dah kapok dah .... :D

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. Bukan denger lagi, saya mah lihat langsung rekan kerja terkena imbasnya gara gara sering mencabuti bulu hidungnya.

      Delete
  25. wahahahah agan ada-ada saja, pakai mencabut bulu hidung segala. untung saya ga pernah nyabut bulu hidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya bulu hidungnya terlalu panjang jadi merusak penampilan

      Delete
  26. Ngeri lah.. Apalagi lihat gambar ilustrasinya..
    Belajar dari pengalaman, jangan cabut bulu hidung..

    ReplyDelete
  27. aduh saya suka nyabutin kalau ada yg panjang...hhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dipotong kebanding dicabut

      Delete
    2. Sama gan saya juga sering nyabut bulu hidung, tetapi belom ada akibatnya..setelah saya membaca postingan ini saya dah gak berani lagi akh nyabut bulu hidung :( ngeri :'(

      Delete
  28. Serem juga akibatnya.. tapi kalo abis ngupil suka ada yg kecabut, itu bahaya juga nggak ya :\
    Mampir balik gan ^^

    ReplyDelete
  29. wah ternyata berbahaya ya, saya suka tu ngerjainyya, tak mau lagi lah

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!