Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah

Memotong Kuku yang Benar
Memotong kuku yang Benar
Jempol kaki bengkak dan bernanah - mungkin juga bisa disebut dengan cantengan, yaitu kondisi fisik jempol kaki membengkak karena ada kuku (pojok kanan kiri) yang menusuk pada daging dan kadang kala jika sudah parah/infeksi itu bisa bernanah dan menimbulkan bau yang tak sedap. Penderitanya tidak sedikit yang pernah mengalami masalah seperti ini.Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan oleh kesalahan dalam merawat kuku jempol kaki (telat potong kuku atau terlalu tandas memotongnya).

Hal ini pun pernah saya alami 5 tahun yang lalu, kuku (pojok kanan kiri) jempol kaki menusuk ke daging dan menimbulkan bengkak yang disertai rasa sakit yang luar biasa tanpa nanahan. Tapi coba saya tangani memaksakkan memotong kuku sendiri dengan gunting kuku biasa, perlahan digunting kulit ditiap ujung yang membengkak tertusuk kuku walau terasa sakit dan akhirnya terpotong kuku lancip yang menusuk, 2 hingga 3 hari bengkak berangsur kempis dan tak terasa rasa sakit lagi.

Dan kondisi ini pun terjadi pula pada istri saya yang sedang hamil, 5 bulan lalu ketika usia kandungannya 3 bulan, cara yang pernah saya terapkan untuk memotong kuku yang nusuk dengan secara memaksa saya coba ke istri saya tapi tiada hasil. Hingga dibawa ke puskesmas terdekat untuk berobat berulang kali kontrol tapi tak kunjung sembuh.
Bengkak dan Bernanah
Kaki Kiri

Berbagai cara sudah dilakukan, seperti direndam air hangat pake garam, di kompres revanol. Tak ada hasil. Hampir 1 bulan diderita, saya bawa istri saya ke dokter spesialis bedah dengan niatan konsultasi untuk jempol kaki-nya yang bengkak di salah satu rumah sakit bedah di Cirebon. Ternyata harus melakukan operasi untuk mengangkat kuku yang nusuknya itu, saya tercenganng kaget ketika menanyakan biaya yang harus dikeluarkan pada dokter-nya (biaya operasi kukunya untuk satu kuku Rp 1.000.000,- sementara 2 jempol kaki istri saya kukunya menusuk semua jadi total 2 juta).

Diurungkanlah untuk tindakan operasi itu, kami hanya membayar biaya konsultasi sebesar 100 ribu. Merasa kasihan pada istri dengan kondisi hamil muda ditimpa derita jempol kaki bengkak (kesenggol pun sakit), keesokan harinya saya coba lagi bawa ke dokter namun kali ini ke dokter umum di klinik kesehatan. Tak basa basi langsung konsultasi dan ternyata bisa dokter umum juga buat operasi kuku ini, tanpa nanya biaya, meminta langsung dieksekusi tindakan operasi ringannya.
Operai Ringan
Setelah Operai
Biayanya cukup murah ternyata, cukup Rp 350.000,- biaya yang dikeluarkan dan itu sudah berikut obat, selama 2 minggu luka mulai mengering dan berangsur pulih. Bahagia terasa ^_^

Kesedihan saya muncul lagi sekarang, pada istri di usia kandungan sekarang ini 8 bulan tepatnya. Kuku jempol kaki istri saya malah kembali kambuh menusuk seperti dulu, padahal untuk perawatannya sudah baik dan terkontrol walau sedikit kesusahan ketika memotong kukunya...
Saya kebingungan untuk menangani kondisi ini lagi karena sekarang ini istri sudah memasuki hamil tua, untuk melakukan operasi pada jempol kaki-nya lagi takut ada bahaya yang dapat mempengaruhi kandungan.

Bingung bingung bingung. :(

Jika sobat blogger punya saran mohon dituliskan di kotak komentar...

==================================================================

Update;
"Alhamdulillah setelah Istri Saya Melahirkan pada tanggal 26 November 2014, Jempol kaki yang bengkak mulai mengkerut dan kuku bisa dipotong normal. :)".

46 Responses to " Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah "

  1. Kirain saya klo Jempol Kaki Bengkak Dan Bernanah cuma di diamkan saja, ehh ternyata di operasi juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, lama sembuh kalo didiamin saja atau mungkin gak akan sembuh sembuh malah...

      Delete
  2. saya juga pernah ngalamin cantengen mas
    tp saya diamkan lama2 sembuh sendiri koq

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini istri saya gak sembuh sembuh mas, didiemin malah jadi membiru dan bernanah sakit nya malah bertambah parah

      Delete
    2. waduh maaf nggak bisa ngasih solusi nih mas
      sabar aja yah

      Delete
    3. waduuhh pasti sangat sakit banget lah tuh mas....

      Delete
    4. iya mungkin karena lagi hamil jadi lama kempes ni bengkaknya

      Delete
  3. Bengkak cantengan memang terkadang luar biasa sakitnya. semoga sang istri diberi kemampuan dan kesabaran didalam menjalani dan segera di beri kesembuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn, mudah mudahan.
      Terima Kasih Mas :)

      Delete
    2. Jadi ingat dahulu saat cantengan saya saya rendam air garam hangat-hangat panas jadi reda sakitnya

      Delete
    3. Hampir setiap hari, pagi dan malam selalu di rendam air hangat campur garam. Namun tak ada efek

      Delete
  4. Saya pernah kayak gitu juga mas, sakit sekali rasanya :( sekitar 4th yang lalu seh hehehe....
    gara" makai potongan kuku sampe nuncep daging, hari berikutnya malah nanah'an. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang musti benar benar diperhatikan buat merawat kuku jempol kaki, dari segi tehnik memotongnya dan alat yang digunakannya pun musti diperhatikan.

      Delete
  5. saya pernah melihat keluarga cantengan, semoga mas andri dan sekeluarga tabah dan lekas diberi kesembuhan oleh tuhan ya mas,,, amiin

    ReplyDelete
  6. Saya pernah mengalaminya mas. dan memang benar, ada kuku yang terjepit diantara daging kuku..

    ReplyDelete
  7. Daerah saya kan daerah gambut, jadi itu sudah biasa terjadi mas :D

    ReplyDelete
  8. Saya dulu juga pernah mas mengalami hal seperti itu, kalau saran saya sih usahakan 3 hari sekali memotong kuku jempol kaki, karena jika di biarkan hingga 1 minggu ujung dari kuku tersebut akan kembali menusuk pada bagian pinggir jempol kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas Arie, namun apa daya yang terjadi malah bengkak lagi. Entah faktor lagi hamil jadi rentan segalanya. :(

      Terima Kasih atas Sarannya :)

      Delete
  9. Jadi sebelum kuku terlalu panjang harus dipotong ya mas

    ReplyDelete
  10. jempolnya gede juga, tandanya itu.....
    tapi ya sayang banget deh ih, ganteng-ganteng jempol kakinya bau..hiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tandanya apa mang?

      itu jempol kaki-nya istri, sedang hamil tua makanya gede jempolnya. kalo jempol kakinya bau ya faktor tertusuk kuku itu, jadi membengkak dan membiru

      Delete
  11. dulu jempol kaki saya pernah ketiban bangku sekolahan sampe kuku nya pecah tapi untung saja tidak harus dioperasi karena kukunya langsung pecah tidak nusuk kayak kejadian di atas hii ngeri .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sangat sakit ya mas, itu kukunya sampe pecah,...

      Delete
  12. kelihatannya memang sepele, tapi memotong kuku memang perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dingingkan :) makasih informasinya mas :)

    ReplyDelete
  13. Turut prihatin sama kondisinya istri mas, apa gak coba konsul dan cek lagi kedokter mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih mba,
      iya kami sudah berkonsultasi lagi. Yaitu musti dipotong si kuku yang nusuknya itu, ya dengan cara operasi lagi

      Delete
  14. Oh ya mas mav oot dan sedikit saran. Scrol di komentarnya ndak bisa di gulirin kebawah cuma utk jenis hp tertentu aja yg bisa srol buat ke bawahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya mba, memang si, saya uji di hp java ni kotak komentar gak bisa discrol.
      Tapi di Smartphone Android lancar mbak.

      Kalo gak dibuat kotak scrol kyak gini, komentarnya terlalu panjang...

      Delete
  15. waduhh..sakitnya kalo kesenggol
    takutnya infeksi ya..

    ReplyDelete
  16. saya malahan kalau sudah potong kuku kaki tempatnya di jempol pasti bakalan hati-hati. biar gak bengkang gitu mas..
    kalau biasanya jempol bengkang gitu di daerah saya ada namanya itu mas. "sungapan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu mas, perawatan yang baik

      Nambah bahasa baru nih bengkak=sungapan.

      Terima Kasih :)

      Delete
    2. hehe nambah yaa bahasanya itu bahasa dari kota medan aja mas... kalau kaki membengkak namanya sungapan...
      apalagi kalau sudah sungapan sudah pasti pakai sepatu pun pasti susah kali...

      Delete
  17. saya juga lagi sakit persis seperti itu mas...gumbengen kalau ditempat saya namanya...senut senut nggak karuan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengkak=sungapan=gumbengen...
      nah gumbengen itu dari bahasa apa mas?

      Delete
  18. hal sepele bisa dadi gawe.
    sering-sering periksa ke dokter mungkin menjadi awal yang baik. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya baiknya begitu buat cek kesehatan.

      Delete
  19. Saya dulu sering mengalami. Sampe pake sepatu sangat susah. Saya paksa potong pake silet , alkhamdulillah sembuh. Sekarang kalo sakit , paling saya biarin.
    Salam

    ReplyDelete
  20. dulu pernah kesiksa bgt sma penyakit jempol bengkak org2 pda bilang kena cantengan.. rasanya ngebet tpi alhamdulilah pake obat tradisional bisa hilang...
    obatcantengan.blogspot.com

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!