Menghina Presiden Jokowi, Tukang Tusuk Sate Di Tahan

Ramai-nya pemberitaan tentang penghinaan yang dilakukan seorang tukang tusuk sate terhadap Bapak Presiden Jokowi diberbagai situs berita intenet, menjadi topik trend di mensin pencarian Google (Google Trends).
Ilustrasi pic by tempo.co
Seperti apa penghinaan tersebut dilakukan hingga terjadi penahanan?
Dikutip dari berbagai situs berita (Merdeka, Kompas, Tempo, Okezone Etc).
Dilaporkan-nya tukang tusuk sate (Muhammad Arsad) oleh PDIP ke pihak berwajib lantaran menyebarkan foto bu*il hasil editan dengan wajah Bapak Jokowi dan Ibu Megawati di jejaring sosial Facebook. Gambar rekayasa tersebut sudah sangat keterlaluan menghina-nya. 
“Ada gambar orang berhubungan seks diedit menjadi wajah Pak Jokowi dan Ibu Megawati. ini karena sudah melanggar UU Pornografi dan UU ITE,” ujar mantan tim sukses Jokowi-JK yang juga politikus PDIP, Eva Sundari kepada merdeka.com, Rabu (Merdeka.com 29/10).
Eva menambahkan, jika hanya bully dengan kata-kata, pihaknya tidak ada masalah. Mereka mencontohkan dalam kasus Obor Rakyat di mana Jokowi dibully habis-habisan.
“Itu masih bisa sabar tetapi kalau sudah pornografi itu sudah melecehkan,” katanya.
 .........................................................................................................................................
Benar benar disesalkan bukan kejadian tersebut adanya internet malah melakukan hal yang buruk, bukannya mengambil manfaat yang baik dari internet. Pada dasarnya kegiatan berinteraksi di internet tidak jauh beda dengan kegiatan dalam kehidupan nyata, ada hal baik ada pula hal buruk.

Mudah mudahan dengan kejadian diatas itu kita bisa jadikan sebagai pelajaran agar bisa lebih bijak lagi untuk memanfaatkan adanya media internet ini.

UPDATE 03 Nov 2014:
Tanggapan dari Bapak Presiden Jokowi tentang kasus ini,

"Presiden Joko Widodo memaafkan Muhammad Arsyad, tersangka penghina dirinya. Jokowi pun telah meminta penangguhan penahanan terhadap Arsyad. Permintaan penangguhan penahanan itu disampaikan Jokowi saat menerima ibunda Arsyad, Mursyidah, di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu, 1 November 2014".(Tempo.co)

67 Responses to " Menghina Presiden Jokowi, Tukang Tusuk Sate Di Tahan "

  1. Bener banget, kalau sudah ke edit gambar dan pornografi,,,, sudah kelewatan kayaknya.... mudahan jadi pelajaran buat kita semua, amin !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat dengan semua temen temen, edit gambar porno buat siapapun (tidak hanya pada Jokowi doang) tentu sebuah tindakan BODOH, maka agar menjadi pinter si Arsyad itu harus di hukum, soal maaf mah gampang lah...tapi hukum dulu agar jadi peringatan bagi kita yang hobinya ngenet..okeh bro

      Delete
    2. Oke deh Mang, Sependapat deh dengan Mang Lembu :)

      Delete
  2. setiap tv sekarang juga ramai kabar ini yamas
    memang keterlaluan tindakan seperti ini
    kita tunggu saja gimana proses selanjutnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas yanto, mudah mudahan kita bisa memetik pelajaran dari kejadian tersebut.

      Delete
    2. amiin
      yg penting mah kita ngeblog aja mas

      Delete
  3. masalahnya malah dibesar2kan sama pihak tertentu guna menampung uang recehan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mendapat kesadaran bagi pihak tertentu itu. :)

      Delete
  4. Oh, orang Indonesia rupanya Andriyatna. Singgah balas, dari blogger Malaysia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,
      Terima Kasih sudah mampir disini :)

      Delete
  5. Saya jd bertanya2 apa tukang sate sekarang udah pada mahir photosop juga ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman sekarang yang serba canggih ini bisa saja, software edit foto bukan hanya photosop dan lewat handphone pun bisa.
      Tapi kemungkinan, bisa juga tukang sate itu hanya ikut ikutan.

      Kita tunggu saja mba proses selanjutnya seperti apa

      Delete
    2. Gimana mas prosesnya, soale sy jarang nonton berita :)

      Delete
    3. Pak Jokowi sendiri belum ngasi tanggapan untuk kasus ini.

      Delete
    4. hari ini tgl 3 nov 2014 pelaku sudah dibebaskan.

      Delete
  6. semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah mudahan juga bisa lebih bijak lagi memanfaatkan internetnya.

      Delete
  7. Saya sebagai rakyat jelata sangat prihatin dengan yang namanya demokrasi.
    Bagi saya sangat keterlaluan. Semoga tidak terulang.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demokrasi-nya tidak sehat.

      Aamiin, mudah-mudahan Mas

      Delete
  8. heemmm tindak seperti ini.. sangat kelewatan banget. bahkan di FB sewaktu pilpres banyak foto prabowo dan jokowi beredar yang aneh-aneh. bahkan pornografi. tapi apa.. biasa aja tu tanggapannya dari keduanya mau itu dari tim sukses ataupun para kader partainya.

    tapi kenapa terjadi kepada Tukang Tusuk Sate malah tertimpah musibah seperti ini. apakah jokowi sudah jadi presiden akhirnya Tukang Tusuk Sate bisa di penjara begitu saja.. heemmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, katanya sih tu terlalu melecehkan banget. dan itu pun yang melaporkan bukanlah Pak Jokowi-nya langsung melainkan pihak PDIP.

      Kita liat nanti proses kelanjutannya seperti apa.
      Ya, mudah mudahan si, perkara ini bisa diselesaikan dengan baik dan bijak.

      Delete
    2. yaa mari lah kita lihat proses selanjutnya, sepertinya saya lihat di berita dan media yang lainnya pak jokowi belum memberikan tanggapan.

      Delete
    3. Mudah mudahan cepat terselesaikan masalah ini.

      Delete
  9. Inilah sebuah pelajaran, rakyat jgn cuma meminta pemimpin yg baik. Tapi juga harus menjadi rakyat yg baik..
    Mencemarkan nama baik orang di internet, itu bukan perbuatan baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, Negara ini akan Makmur dan sejahtera jika rakyat dan pemimpinnya baik.

      Delete
  10. Kejadian ini sudah menjadi polemik tersendiri dalam beberapa akhir pekan terakhir. Inilah contoh orang yang gak bisa memanfaatkan teknologi sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Pak Haris,
      Mudah mudahan kita bisa lebih bijak lagi untuk memanfaatkan adanya teknology internet ini.

      Delete
  11. internt bisa juga sebagai pisau yg mematikan jika si pengguna tidak menggunakannya dg hati2 ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas Fiu S, walau internet adalah dunia maya. Namun tetap saja hukum gak jauh beda dengan dunia nyata

      Delete
  12. mungkin devy kurang mengikuti informasi trend ini, tetapi yang pasti, apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan sadar (berpikir apa yang akan terjadi jika itu kita lakukan) karena kelak bisa saja ada pihak-pihak yang tidak suka dengan informasi itu, sehingga melaporkan itu menjadi hukum, padahal dasarnya hanya "Bercanda"

    jangan kita kotori internet dengan informasi-informasi yang belum tentu benar keberadaannya.
    bukan begitu mas..

    kalau sudah begini, siapa mau disalahkan, apakah cukup hanya dengan meminta maaf,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Devy, Internet adalah sebuah media. Jika bijak memanfaatkannya ya, apa yang dicari dan tuju pasti akan didapat. Namun jika tidak jeli dalam memanfaatkannya ya seperti ini jadi-nya

      Delete
  13. memang sangat keterlaluan sekali kelakuan abang sate ini tapi kasian juga yah ama ibunya :( soalnya kattanya tukang sate itu adalah tulang punggung keluarga :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Ainul, coba kita liat nanti bagaimana perkembangan selanjutnya.

      Delete
  14. yang lebih disesalkan lagi kenapa mesti ditangkap ya mas, lah wong SBY aja selama 10 tahun di bully ga ada tuh tangkap menagkap...kayanya seperti jaman orba lagi nih..pengkerdilan
    jaman sudah berubah, seharusnya ini menjadi kritik buat jokowi untuk bertindak lebih arif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin karena tuntutan pelapor minta ditahan. Entah sperti apa kedepannya negara ini Mas.

      O'iya kalo yang melapornya sendiri menurut berita yang saya dapat itu bukan dari Pak Jokowi, melainkan yang melaporkan-nya adalah pihak PDIP.

      Delete
    2. Betul mas, justru orang-orang dibawahnya dan pihak-pihak tertentu yang membesar-besarkan, biasalah pengen masuk TV dia hahahaa... presiden masih banyak kerjaan yang jauh lebih penting ketimbang ngurusin masalah kayak gini :)

      Delete
    3. Pada Pengen Eksis juga gitu ya... ^_^

      Delete
  15. hadeuhh ada-ada saja yah,,,,semoga ini semua bisa jadi pelajaran dech,supaya jangan sembarangan,untuk kedepanya,,,

    ReplyDelete
  16. iya gan. akhir akhir ini banyak kasus disosmed. banyak yg diaduin ke pihak berwajib. kayak ini contoh nya tusuk sate. ada juga loh yg sempet curhat msalah kerjaan di fb malah ditangkap juga. karna ketemu sama yg dicurhatin. jdi lumayan berhati hati dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nih, jadi jangan asal saja berinternet ria. Musti tertib juga :)

      Delete
  17. Keterlaluan banget, gue tusuk juga kang sate nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mendingan nusukin sate aja deh :p

      Delete
  18. menjaga wibawa bangsa..!, penghinaan kepada seorang pemimpin, berarti menghina seluruh rakyat Indonesia..!,

    ReplyDelete
  19. semoga tidak ada kejadian serupa lagi...baik kepada pak presiden maupun siapapun...semoga orng Indonesia bisa lebih bijak dan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mudah mudahan harapan ini bisa terwujud :)

      Delete
  20. dgn kejadian ini semoga bs jd pelajaran dn tidak ada lg hal seperti ini di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe deh kalo berkali kali mah :)

      Delete
  21. bisa diambil hikmah dari cerita ini, tidak menyalah gunakan tehnologi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mudahan bisa lebih lebih bijak lagi ya :)

      Delete
  22. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk saling menghormati orang lain walau kita begitu benci. Bisa dijadikan pelajaran buat yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, Alangkah baiknya bisa saling merhomati satu sama lainnya dimana pun itu

      Delete
  23. balik kesini lagi mas
    gimana nih cerita lanjutannya tukang tusuk sate ini mas andri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berita untuk kasus ini, hari ini tgl 3 nov 2014 pelaku sudah dibebaskan.

      Delete
  24. Tapi sudah di bebasin iya sama pak jokowinya semalem kan di undang sama acara hitam putih di trans7 mhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sudah terselesaikan.

      Delete
    2. Iya syukurlah, tapi di bebaskan secara bersyarat ya mas..

      Delete
  25. hmmmm.. harusnya dia pergunakan teknologi dengan cara baik jangan dengan cara negatif.. walaupun sebenci-bencinya sama orang , tetapi jangan mencelakai diri sendiri..parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, namun masalah ini sudah selesai dan telah mendapat maaf dari bapak Presiden.

      Delete
  26. bully apapun bentuknya menurut saya itu hal yang buruk dan kalo memang melanggar aturan hukum yg berlaku ya apa boleh buat, toh bagi yg lain jg bisa jadi pelajaran berharga spya lebih beretika ketika interaksi di dumay

    memang sih klo lihat kondisi kluarga dan pelaku prihatin juga, smoga jadi plajaran buat semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan Mudah mudahan kita bisa menggunakan internet lebih bijak lagi. Aamiin

      Delete
  27. Memaafkan mungkin sulit. Tapi memaafkan adalah cermin orang yang memiliki jiwa besar

    ReplyDelete
  28. Kalau sya ambil hikmahnya saja , Untuk lebih menjaga tulisan yang kita ketik pada keyboad dengan lebih hati - hati karena saat ini banyak sekali kasus yang berhubungan dengan internet :)

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!