8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tidak Baik untuk Ibu Hamil
Masa kehamilan adalah sebuah proses dimana Ibu hamil membutuhkan berbagai asupan makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi. Disamping itu ada beberapa jenis makanan dan minuman (baca: "3 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Ibu Hamil") yang sebaiknya dihindari ibu hamil karena mengandung zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan janin yang dikandung.

Makanan dan minuman yang baik dan yang bermanfaat untuk kesehatan Ibu hamil dan janin yang dikandungnya sudah tentu harus diutamakan.

Berikut "8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil"

Sayuran Mentah

Hindari konsumsi sayuran yang disajikan mentah (lalapan atau selada). Sayuran yang tidak dimasak terlebih dahulu atau tidak direbus, dikhawatirkan masih mengandung pestisida, toksoplasma, dan bakteri listeria yang berbahaya bagi kehamilan.

Daging Mentah (Setengah Matang)
Hindari makanan seperti Sate dan Steak yang biasanya diolah setengah matang. karena khawatir mengandung toksoplasmosis (parasit yang bisa menyebabkan infeksi pada janin).

Telur Mentah
Hindari konsumsi telur mentah atau telur setengah matang. Dikhawatirkan mengandung salmonella (penyebab penyakit organ pencernaan).

Buah Pemicu Asam Lambung
Hindari buah buahan pemicu asam lambung, seperti buah nanas, nangka, durian, cempedak. Karena dapat mengakibatkan asam lambung tinggi sehingga terjadi diare.

Makanan Beku
Hindari konsumsi makanan beku, karena dinilai mengandung garam. Sementara calon ibu dianjurkan untuk menghindari konsumsi garam berlebihan. Bila memungkinkan, pilih makanan beku yang organik yang rendah garam dan lemak.

Mie Instan
Hindari konsumsi mie instan, karena kandungan MSG di dalamnya dinilai dapat  mengganggu pertumbuhan saraf janin dan pemicu gangguan saraf ketika anak lahir.

Makanan Cepat Saji
Hindari konsumsi makanan cepat saji, karena makanan cepat saji terbuat dari daging olahan dan sayuran/selada, yang kemungkinan tidak segar dan bakterinya tak terpantau.

Makanan dengan Zat Pewarna
Beragam makanan kemasan, Perhatikan kandungan zat pewarna dalam komposisi makanannya.

Semoga Bermanfaat ^_^

48 Responses to " 8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil "

  1. banyak banget yah makanan yg harus dihindari bumil yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaitu mas penting buat bumil untuk diperhatikan, dan buat para calon bapak-nya musti bisa selalu mendampingi & memantau asupan yang dikonsumsi sang istri.

      Delete
    2. ok deh nanti saya kasih tau keistri kalau dah hamil yg kedua dua mas.hehehe

      Delete
    3. Wah sudah punya momongan 1 tah. saya baru mau punya Mas,

      Delete
    4. ya gitu deh...ini juga hari2 bikin tp belum jadi.kwkwkw

      Delete
    5. jiahaha, sabar mas.
      Semangat terus usahanya ^_^

      Delete
  2. Ayo mana nih para ibu hamil, sebaiknya baca ini :D

    Kalau buat aku, baca-baca artikel ini perlu juga, dan sepertinya bakal bermanfaat kalau udah nikah besok, dan istri sudah hamil, hehe....

    ReplyDelete
  3. Anjurannya sangat bermanfaat banget neh, persiapan nanti kl dah nikah, jd dah punya pengetahuan. Thanks tuk sharenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas.
      Ayo jangan lama-lama untuk nikahnya ^_^

      Delete
  4. wah.. baru juga rencana nyari, artikelnya ada disini.. langsung diserap yaa makasih banget mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan dong pas banget,,
      Silakan Mba diserap, mudah mudahan bermanfaat ^_^

      Delete
  5. kebanyakan makanan mentah yah yang gak boleh? Emang kalo istri lagi hamil suka aneh-aneh mintanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi musti lebih diperhatikan untuk makanannya ibu hamil. ^_^

      Delete
  6. Banyak bnget ya pantangangannya. Tapi beruntung juga utk bumil, makanan pantangannya bukan yg enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang sayang sama calon debay (dede bayi), harus bisa memfilter asupan makanan & minumannya.

      Delete
  7. Lha aku yang gak hamil juga ogah kalau disuruh makan telur mentah, daging mentah ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, nanti dikira CCS (Cantik Cantik Serigala) kalo doyan daging mentah ^_^

      Delete
  8. saya penggemar mie instan... tp untung waktu hamil jd ga suka msg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie instan biasanya rada susah ditinggalkan bagi ibu hamil yang sudah doyan banget.

      Delete
  9. kemarin pas terakhir periksa kandungan, dokter emang menyarankan menghindari makanan-makan kayak gini.
    benar-benar harus ekstra waspada, karena suami juga wajib mnejaga kandungan istrinya.

    ReplyDelete
  10. Terutama Mie Instan ya mas kalau menurut saya. Mie instan apabila di konsumsi terlalu sering akan berbahaya juga buat kesehatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Jangankan ibu hamil, untuk kita semua juga kalo keseringan mengkonsumsi-nya tidak baik untuk kesehatan.

      Delete
  11. thanks infonya sob,, bisa lh buat referensi kalo ntar calon istri lg ngisi haha
    tp indomi atau makanan zat pengawet lainnya seharusny jg di hindari sm smuanya sob, krna pemicu kanker..
    keep blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. indomie juga kan sudah termasuk mie instan... ^_^

      Delete
  12. Replies
    1. Silakan, mudah mudahan ada manfaatnya ^_^

      Delete
  13. Moga para ibu hamil dapat amalkan tips ini... Nice sharing ^_^

    ReplyDelete
  14. Waah banyak sekali ternyata. Dan hampir semua adalah makanan favorit saya.. duh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kondisi sedang mengandung/hamil, harus bisa menghindari walau itu makanan favorit. Demi Sehatnya yang dikandung ^_^

      Delete
  15. sebenernya kalo ibu hamil gak cuma ketika mengandung, tapi sejak dari remaja itu harus diperhatikan. karena kesehatan ibu, maka bayi akan sehat juga :D

    btw salam kenal ya
    silahkan mampir ke blog www.volverhank.net.
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, lebih baiknya lagi seperti itu.
      Salam kenal juga ^_^

      Delete
  16. good Info..penerangan yang sangat jelas..saya suka...jemput singgah ke http://winawellness.com

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. iya, tapi buat ibu hamil alangkah baiknya dihindari.. ^_^

      Delete
  18. Pas banget nih infonya, kebetulan kakak ipar saya lagi hamil muda. trims ya infonya

    ReplyDelete
  19. Makanan dengan Zat Pewarna <--- kayaknya ini deh yang paling berbahaya terhadap perkembangan si calon bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. apalagi zat pewarna pakaian yg dipake dmakanan.

      Delete
  20. Mungkin tak perlu dihindari betul mas, namun perlu batasi mengkonsumsinya...Yang namanya ibu hamil, akan sulit menghindari makanan tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang si, terkadang istri sndiri suka membandel...

      Delete
  21. Sangat bermanfaat khususnya buat yang baru nikah dan akan menikah. pemilihan makanan yang tepat untuk kesehatan ibu hamil dan menghindari makanan seperti di atas. :)

    ReplyDelete
  22. tuh mak mak pada di baca dan di mengerti yah kalau lagi hamil dilarang keras makan makanan itu biar bayinya sehat... hihi..

    ReplyDelete
  23. makasih ne sob tipsnya, bermanfaat banget buat saudara yang lagi hamil ne...

    ReplyDelete
  24. Wah, alhamdulillah ya dapat info ini.. Istri sedang hamil muda Mas..

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!