Mengobati Tekanan Darah Tinggi (HYPERTENSI) Secara Tradisional

Pengobatan Hypertensi dengan Cara Tradisional
ilustrasi (gambar dari liputan6.com)
Hypertensi pada dasarnya terjadi penyempitan pembuluh darah, sehingga tugas jantung di dalam memompa dan menyedot (menghisap) terlalu berat. Makin berat jantung, memompa, makin tidak lancar aliran darah keseluruh tubuh badan, termasuk yang ke otak. Jantung memompa diukur dengan satuan ukur yang disebut SISTOLE. Jantung, menyedot dengan ukuran DIASTOLE dengan satuan MHG (Mili Hidrar Gurum).

Seseorang ditensi menunjukkan, 140/90 artinya Sistole 140/MHG diastole 90/MHG.Tensi dengan ukuran normalnya sebagai berikut :

Dewasa 120/80
Tua 140/90
Batas Max Pria 200/100
Batas Max Wanita 180/100

Artinya bila seseorang mengalami tensi di atas maximal, harus dirawat secara intensif, ialah dengan rawat inap, sebab kalau terlambat akan mengalami stroke. (kelumpuhan, bibir merot, dan susah bicara) bahkan bisa lebih parah lagi namanya pendarahann otak.

Pasien akan tidak sadar (koma), kalau diastolenya diatas 100/MGH, misalnya 170/110, seseorang tersebut harus hati-hati. Sebab diastole) 10 artinya janturg. membesar dengan tanda rasa sesak napas, selalu akan marah, badan rasanya lemas, dan sempoyongan (selalu mau jatuh).

Dalam kondisi semacam ini apabila masih berkenderaan atau berjalan jarak jauh sangat berbahaya, dapat jatuh dan langsung lumpuh. Sukar sekali penyembuhan dan tentu saja dengan biaya yang sangat tinggi.

Penyebab Utama:

TRIGLESERIDA
TRIGLESERIDA ialah lemak yang bersarang dalam pembuluh nadi atau arteri dan di dalam pembuluh balik (VENA). Harga normal TRIGLESERIDA 172. Lemak ini berasal dari jeroan, kacang tanah, emping, mete dan santan kental.

Kalau TRIGLESERIDA ini misalnya 240 berarti lemak yang menggumpal tersebut sudah menyumbat pembulult darah, dengan sendirinya pantang didalam memompa dan menyedot berat sekali. Atau dengan kata lain orang tersebut terserang dengan penyakit darah tinggi (Hypertensi). Untuk menjaga kesehatan kita, sebaiknya diatas umur 45 tahun sudah berani mengurangi makanan-makanan tersebut.

KOLESTEROL
Harga normalnya :
Laki-laki 250
Perempuan 200

Kolesterol ialah
Timbunan lemak yang bergerombol, merupakan kelenjar-kelenjar baru didalam tubuh. Apabila berkelebihan sangat mengganggu peredaran darah Lemak ini berasal dari seluruh daging dan gajih, juga dari seluruh makanan yang berminyak misalnya : gorengan, ikan laut, susu, kacang tanah, dll.

LED (Laju Endapan Darah)
LED tinggi berarti darah sangat kental (pekat), yang seharusnya encer. Tentu saja kalau darah yang beredar itu jadi kental, perjalanan sangat lambat dan jantung terlalu berat memompanya. Kekentalan darah ini disebabkan karena alkohol, minuman keras, dan minuman atau makanan yang mengandung-zat pengawet, pewarna, sakarin, dan bahan-bahan kimia lainnya.

Buah-buahan yang kadar alkoholnya tinggi ialah tape, nanas, nangka, durian, klengkeng dan anggur. Bagi seseorang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi dilarang keras memakan buah-buahan terse.but. Juga minuman-minuman yang mengandung bahan kimia, umpamanya fanta, sprite, cocacola dilarang keras untuk meminumnya. Sudah dapat dipastikan petninutn minuman keras baik remaja maupun orang tua mempunyai watak emosional, mudah marah, sadis dan mudah tersinggung. Bagi pengidap darah tinggi buah-buahan dan minum-minuman tersebut diatas harus betul-betul dikindan.

Penebalan Dinding Pembuluh Darah
Pembuluh darah yang menebal dindingnya mengakibatkan lubang/penampung menjadi menyempit, penyempitan pembuluh darah ini menyebabkan jantung terlalu berat memompanya. Penebalan dinding pembuluh darah ini disebabkan karena ketegangan yang berkepanjangan, kecewa, menahan marah, dan penderitaan batin yang cukup panjang. Untuk orang yang rnengidap tekanan darah tinggi akibat penebalan dinding pembuluh darah biasanya keadaannya kurus. Jadi belum tentu orang gemuk selalu punya tekanan darah tinggi sebaliknya orang yang kurus selalu mempunyai tekanan darah rendah.

Sel-sel Darah Merah Tak Beraturan
Sel-sel darah merah bisa berubah bentuk, dari bulat keneker menjadi tak beraturan misalnya persegi, segitiga, lonjong telur dsb. Apabila sel-sel butir darah merah menjadi tak beraturan pekerjaan jantung menjadi berat disebabkan perjalanan sel-sel darah menjadi tidak lancar. Jantung didalarn memompa dan menyedot memerlukan tekanan yang besar. Penyebabnya adalah garam. Karena itu penderita Hypertensi harus mengurangi garam termasuk makan-makanan yang diawetkan dengan garam, misalnya ikan asin, telur asin, pindang, bandeng, sayur asin (dari sawi yang diasinkan).

Penyebab Lain Tekanan Darah Tinggi
  • Pada otak pasien ada benjolan (tumor)
  • Penderita diabetes militus (kencing- manis) banyak yang mempunyai komplikasi Hypertensi (darah tinggi)
  • Ginjal tidak berfungsi lagi.
Keluhan-keluhan Bagi Pengidap Darah Tinggi
  • Kepala terus pusing dan berat
  • Leher bagian belakang kaku, pegel dan pusing serta susah tidur
  • Emosional (mudah marah)
  • Rasa seperti semutan
  • Kalau diastole diatas 100 napas sesak perut terasa mual
  • Jantung sering berdebar
  • Meta dan raut muka menjadi merah.
Ramuan dan Pengobatannya
1. Daun Sirih 10 helai
2. Daun Alpukat yang muda 10 helai
3. Bawang Putih 3 siung
4. Puyang 3 ibu jari besar
5. Gula Batu 1/4 ons
6. Air 5 gelas

Cara mengerjakannya dan pengobatannya :
Bahan nomor 3 dan 4 digepuk sampai pecah.
Bahan nomor 1 s/d 6 direbus sampai airnya tinggalkan 5 gelas saja.
Diminum malam menjelang tidur satu gelas dan pagi sebelum makan satu gelas.
Ampasnya dibuang, setiap sore merebus baru seperti tersebut diatas, diulang-ulang sampai tensinya normal kembali.

Semoga bermanfaat ^_^

5 Responses to " Mengobati Tekanan Darah Tinggi (HYPERTENSI) Secara Tradisional "

  1. tidak terlalu rumit juga ya cara mengobati tekanan darah tinggi secara tradisional ini. makasih tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, apalagi Indonesia kaya akan tumbuhan obat-nya. Yang penting jangan putus asa, untuk mencapai kesembuhannya.

      Delete
  2. Ternyata bisa juga bang Andri jadi dokter, buktinya bisa ngecek tekanan darah hehe...

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  3. Good Info..Terima kasih sharing yang baik ..teruskan berkongsi

    ReplyDelete

Anda Sopan, Kami pun Segan!