Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Laptop yang Mudah diganti


Sobat mempunyai laptop dan mengalami masalah? Jika sobat mempunyai keberanian untuk mencoba menanganinya sendiri, berikut saya berikan beberapa gambaran untuk bagian/part laptop yang mudah diganti dan bisa dilakukan oleh sendiri;

  1. Battery - Sangat mudah untuk diganti, namun untuk harga part ini lumayan mahal
  2. RAM - Jika masalah laptop sobat No Display/nyala tapi blank hitam tak ada tampilan. Sobat bisa cek untuk bagian RAM terlebih dahulu, ini cara yang paling mudah. Posisi RAM biasanya berada di bagian bawah laptop dan terkadang pula ada yang terletak di bagian bawah keyboard.
  3. Harddisk - bermasalah pada HDD semisal tak terdeteksi/bad, untuk melakukan penggantiannya juga sangat mudah, kebanyakan berada pada posisi bagian bawah dan terkadang ada pula yang terletak pada bagian dalam cashing sehingga harus membongkar total.
  4. DVD ROM - Penggantian part ini cukup mudah, biasanya hanya dikunci oleh satu baut.
  5. LCD - Sebenarnya untuk penggantian layar lcd sangatlah mudah, tapi memang butuh keberanian untuk awal membuka cashing lcd nya.
  6. Keyboard - beberapa merk dan tipe laptop yang ada, dalam penggantian keyboard untuk sistem pengunciannya bermacam macam. Ada yang hanya di kunci di bagian atasnya saja tanpa baut, ada yang dikunci oleh baut bagian atasnya, ada yang dikunci di bagian bawahnya saja oleh baut dan ada juga yang dikuncinya double atas bawah oleh baut, bahkan untuk model laptop yang baru keyboardnya menempel di bagian cashing yang sejajar keyboard tersebut, dengan kata lain penggantiannya lebih rumit dalam pembongkarannnya.
Mungkin itu gambaran gambaran part laptop yang mudah diganti menurut versi saya, jika ada yang mau menambahkan silakan tuliskan di kotak komentar.
Semoga Bermanfaat , , , ^ _ ^

1 komentar untuk "Bagian Laptop yang Mudah diganti"

  1. LCD punya saya bergaris, masih belum berani buat ganti sendiri. Takut ngrusak.

    BalasHapus

Anda Sopan, Kami pun Segan!